Mia Farrow Berikan Kesaksian Soal Mantan Presiden Liberia

KWARTETWO.COM: Aktris senior Amerika, Mia Farrow, akhirnya memberikan kesaksian soal kasus kejahatan perang mantan presiden Liberia, Charles Taylor, Senin (09/08). Namun, kesaksian yang diberikannya ternyata bertentangan dengan model Naomi Campbell yang bersaksi minggu lalu.

Penyidik memanggil Farrow, Campbell, dan mantan agennya, Carole White, untuk bersaksi mengenai hadiah sebuah berlian utuh yang dicurigai telah diberikan oleh mantan presiden Liberia tersebut pada model itu di sebuah pesta pada 1997 silam.

Jika kecurigaan ini terbukti, maka kisah ini akan merusak kredibilitas Taylor yang sekarang sudah berusia 62 tahun itu. Pasalnya, dia membantah keterlibatan apapun dengan perdagangan berlian.

Farrow Kamis (05/08) lalu mengatakan jika Campbell bercerita pada para tamu setelah sarapan jika Charles Taylor telah memberikan hadiah sebuah 'berlian besar' saat makan malam sehari sebelumnya. Dan Campbell berencana untuk memberikan berlian itu untuk amal.

Sebaliknya, Campbell mengatakan jika dia diberi beberapa batu kecil malam itu, namun dia tidak tahu jika batu itu adalah berlian. Dia juga tak tahu menahu siapa yang memberikannya.

Selain membantah keterlibatan dengan perdagangan berlian, Taylor juga membantah 11 dakwaan yang dihadapinya dalam kasus Special Tribunal for Sierra Leone ini. Termasuk di dalamnya pembunuhan, pemerkosaan, perbudakan seksual, dan merekrut anak-anak sebagai tentara.

Penuntut pun mendakwa Taylor telah mempersenjatai dan memerintahkan para pemberontak Sierra Leone yang telah membunuh dan memutilasi ratusan orang dalam perang saudara yang terjadi pada 1992 hingga 2002 silam.