Patricia Neal, Aktris Pemenang Oscar, Tutup Usia

KWARTETWO.COM: Kabar duka datang dari aktris pemenang Oscar dan Tony Awards, Patricia Neal, yang meninggal dunia pada usia 84 tahun di kediamannya di Edgartown, Massachusets. Neal pertama kali dikenal pada usia 20-an di Broadway. Dia memenangkan sebuah penghargaan Tony Award untuk debutnya dalam drama berjudul ANOTHER PART OF THE FOREST besutan Lilian Hellman sebelum akhirnya pindah ke Hollywood.

Yang paling diingat dari perjalanan Neal adalah dia pernah mengalami tiga kali stroke pada usia 39 tahun yang menyebabkannya koma selama tiga minggu. Namun kemudian aktris cantik ini pulih dan kembali menunjukkan talentanya.

Aktingnya yang terbaik adalah saat bermain dalam film HUD (1963) di mana dia memenangkan Oscar atas permainannya. Setelah mengalami tiga kali stroke pada 1965, akhirnya dia belajar untuk berjalan dan berbicara lagi. Kemudian dia kembali berakting dan mendapatkan nominasi Oscar untuk perannya dalam THE SUBJECT WAS ROSES (1968).

Perannya yang juga terus diingat adalah dalam film THE DAY THE EARTH STOOD STILL (1951), A FACE IN THE CROWD (1957), BREAKFAST AT TIFFANY'S (1961), dan pementasan drama Broadway THE MIRACLE WORKER.

Kehidupan pribadi Neal sendiri juga sedramatis peran-perannya dalam film. Pada usia 23 tahun, dia berhubungan dengan Gary Cooper yang sudah menikah dan punya anak. Setelah tiga tahun menjalin hubungan terlarang, Cooper akhirnya memilih untuk terus bersama sang istri.

Neal kemudian menikah dengan pengarang buku anak-anak asal Inggris, Roald Dahl. Mereka melalui kehidupan pernikahan yang sulit selama 30 tahun dan dianugerahi lima anak. Anak pertama, Olivia, meninggal karena cacar pada usia 7 tahun dan putra mereka, Theo, menderita cacat otak parah di usia empat bulan setelah kereta bayinya tergencet di antara taksi dan bus di New York City.