Mengapa Wanita Lemah di Matematika


Jakarta – Selama ini wanita disebut lebih lemah dalam bidang matematika. Jumlah profesor matematika wanita, juga tidak banyak. Apakah pria lebih superior dari wanita?

Penelitian baru mendapati perempuan bisa sebaik pria dalam bidang matematika bahkan untuk tingkat jenius. Syaratnya, wanita diberikan kesempatan yang sama dan motivasi.

Penelitian yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences melaporkan wanita bisa setara dengan pria di bidang matematika. Namun akselerasinya tidak seperti pria.

Hasil itu memperkuat pandangan presiden Harvard University Larry Summers pada 2005 bahwa perbedaan biologis dapat menjelaskan mengapa lebih sedikit wanita yang mampu menjadi profesor metematika.

"Kami menyimpulkan ketidaksetaraan gender sebagai alasan utama lebih sedikit wanita dibandingkan pria yang memiliki kelebihan di bidang matematika di berbagai negara,” kata Janet Hyde dan Janet Mertz dari University of Wisconsin in Madison.

Mereka meneliti analisis statistik nilai matematika World Economic Forum's 2007 Gender Gap Index. Laporan tahunan itu merangking negara menurut tenaga kerja dan kesempatan ekonomi, pendidikan serta status kesehatan.

"Negara dengan kesetaraan gender hampir setara memiliki rasio pria dan perempuan yang hampir setara,” kata Mertz.[ito]