Tampil Memukau dengan Bibir Sehat

Tampil Memukau dengan Bibir Sehat
Pria mana yang takkan tertarik pada pandangan mata menggoda dan bibir merah menantang. Ya, imej tersebut memang melekat erat dalam sosialisme kecantikan dari dulu hingga sekarang.

Tak ayal lagi, bibir memegang peranan besar dalam kecantikan. Bahkan, bagian wajah yang satu itu menjadi daya tarik utama seorang wanita. Anda pun pasti terpesona pada keseksian bibir Angelina Jolie dan senyum manis Meg Ryan, bukan? Karena itu, bagi kebanyakan wanita, bibir mendapat prioritas kedua setelah kulit wajah.

Mengaku saja, Anda pun setidaknya akan membedaki wajah dan memulas bibir sebelum keluar rumah. Karena hal itulah, kosmetik untuk bibir menjadi item wajib bagi wanita.

Merawat bibir seharusnya menjadi suatu kewajiban. Sebab, bibir yang tidak terawat akan berubah kering, kehitaman, atau pecah-pecah. Tentunya hal tersebut akan memengaruhi penampilan keseluruhan. Percuma saja Anda berdandan sempurna bila bibir pecah-pecah. Bukannya tampak cantik, Anda malah akan terlihat seperti sedang sariawan.

Tidak seperti bagian wajah lainnya, bibir tidak mengandung kelenjar lemak, tapi banyak mengandung melanin atau zat pigmen. Bibir yang pecah-pecah dan terkelupas sebenarnya amat rentan terhadap infeksi yang disebabkan bakteri. Bila sudah seperti ini, jangankan mengenakan lipstik, berbicara pun bisa menimbulkan rasa nyeri.

Bila tidak ingin terlanjur rusak, rawatlah bibir sebaik-baiknya. Tidak sulit, cukup sediakan waktu lima menit sebelum tidur untuk merawat bibir.

Pertama, bersihkan bibir dari bekas lipstik yang masih menempel. Setelah itu, pijat bibir dengan minyak zaitun atau vitamin khusus bibir. Kemudian, oleskan vitamin bibir atau lip balm sebelum mengenakan lipstik. Hal tersebut dimaksudkan agar bibir tidak kering dan mengelupas saat Anda berada di tempat bersuhu terlalu panas atau dingin.

Tetapi jika suatu saat bibir kering atau pecah-pecah, rawatlah dengan lip balm yang memiliki kandungan tabir surya. Setelah memiliki bibir yang sehat, jangan biarkan masker atau produk peeling mengenai bibir. Pasalnya, produk tersebut bisa membuat bibir kering, bahkan teriritasi.

Bibir yang sehat akan membuat segar penampilan, bahkan tanpa make-up. Namun, bagi Anda yang ingin tampil serasi sesuai warna kulit, simak beberapa tips di bawah ini.

Bagi Anda yang memiliki bibir dengan karakter agak kering sehingga tidak jarang terlihat pucat dan pecah-pecah, gunakan lip balm yang dioleskan tipis dan merata. Namun, jangan terlalu banyak, salah-salah lipstik malah tidak menempel jadinya. Kemudian, gunakan warna muda yang dicampur warna agak gelap supaya wajah tidak tampak pucat.

Sedangkan, untuk kulit kuning langsat, gunakan lipstik dari jajaran warna agak lembut. Sementara bagi Anda yang berkulit agak gelap, hindari warna menyala dan gunakan cokelat atau merah marun.

Bila bibir atas lebih tebal, koreksi dengan lip liner berwarna setingkat lebih gelap supaya terlihat lebih kecil. Jangan lupa juga mengoleskan lip liner di bagian bibir bawah, hanya pastikan garisnya lebih tipis. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari volume bibir yang tidak proporsional.

Memiliki bibir tebal punya keuntungan tersendiri, salah satunya tidak usah ragu mencoba lipstik merah merekah. Hmm, menggoda. Sebaliknya, bila Anda memiliki bibir tipis, gunakan lip liner melebihi garis yang sudah ada agar bibir terlihat lebih berisi.

Warna yang cocok digunakan si bibir tipis adalah warna soft, seperti pink, peach keunguan. Jangan takut terlihat tidak menarik, kelebihan bibir tipis adalah membuat tampilan innocent girl yang manis dan rapuh. Dengan begitu, pria pun pasti tidak berdaya dan jatuh hati.

Nah, satu tips terakhir, untuk membuat tampilan bibir lebih seksi, sapukan sedikit lip gloss di atas lipstik. Hanya dengan satu pulasan sederhana, bibir pun berubah. Kesan "basah" dari kilau lip gloss semakin membuat tampilan memukau.