Video Mirip BCL Rancu Dianalisa

Beberapa pihak menyatakan ada kemiripin 30-40 % antara wajah pelaku di video hot dan raut wajah Bunga Citra Lestari alias BCL. Namun video yang pelakunya mirip BCL belum dapat dipastikan kebenarannya sampai saat ini.



Menurut pakar multimedia, Abimanyu Wachjoewidajat, software yang mungkin digunakan untuk menganalisa video tersebut adalah Face Recognition (F/R)Software. "Untuk mencari kemiripannya maka diperlukan gambar pembanding BCL sudah pernah direkam untuk F/R," terang pria yang akrab disapa Abah ini saat ditemui di FX Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (2/7).



Namun Abah menyangsikan hasil perbandingan dari gambar F/R tersebut. Menurutnya, seseorang bisa saja berubah bentuk mukanya. "Seiring dengan berjalannya waktu maka wajah seseorang akan berubah, sehingga wajah yang direkam 3 bulan lalu secara F/R bisa saja sudah berubah. Dulu gemukan sekarang kurus atau Sebaliknya," jelasnya lagi.



Abah tak mau melanggar UU ITE dengan mencari video itu dan mendownload-nya. Ia mengaku akan menunggu hasil dari pemeriksaan polisi tentang kebenaran video itu. "Ini rancu untuk dianalisa karena dalam bentuk VCD. Kalau membeli, kita sudah melakukan kesalahan," tandasnya.