Mampukah 'INCEPTION' Mengantar Nolan ke Oscar?

KWARTETWO.COM: Nominasi piala Oscar memang masih baru akan dilakukan enam bulan lagi namun rumor seputar apakah INCEPTION bakal jadi pemenang film terbaik tahun ini sudah mulai terdengar. Memang belum bisa dipastikan karena banyak hal yang bisa terjadi dalam enam bulan ini namun kemungkinan itu masih tetap ada.

Meski namanya seolah jadi legenda namun nyatanya Christopher Nolan baru memiliki satu piala Oscar yang ia dapat saat ia menggarap film MEMENTO di tahun 2000 lalu, itu pun untuk kategori naskah original terbaik dan bukan kategori sutradara terbaik.

Academy Awards sebagai pihak penyelenggara acara Oscar sepertinya memang tidak berpihak pada Christopher Nolan. THE DARK KNIGHT, misalnya, berhasil memperoleh delapan nominasi namun tak masuk nominasi untuk Film Terbaik tahun itu. Nolan pun gagal mendapat gelar Sutradara Terbaik dan film ini hanya menghasilkan dua piala Oscar untuk kategori Pemeran Pendukung Terbaik dan Sound Editing Terbaik.

Menurut IndianExpress.com, ini membuat para fans Christopher Nolan dan THE DARK KNIGHT protes berat sampai-sampai 'teriakan' para fans ini membuat pihak Academy Awards harus mengubah jumlah nominasi untuk Film Terbaik yang mulai berlaku tahun kemarin. Media ini juga berasumsi bahwa memasukkan INCEPTION sebagai salah satu nominasi Film Terbaik tahun ini saja sudah cukup menjadi kompensasi. Soal hasilnya, kita lihat saja nanti.