Film “Darah Garuda” Akan Dirilis Saat Libur Lebaran



Menyusul kesuksesan film ‘Merah Putih’ yang berhasil mencetak box office 2009 lalu, kini PT Media Desa Indonesia bekerjasama dengan Margate House Films akan memproduksi film sekuelnya, ‘Darah Garuda’. Produser Eksekutif sekuel Merah Putih, Hashim Djojohadikusumo mengungkapkan, setahun terakhir ini film Merah Putih banyak meraih sukses di Box Office, juga mendapatkan sejumlah penghargaan.

“Penghargaan di dalam negeri sampai berbagai festival dan pasar film di Los Angeles, Cannes, Pusan, Berlin, Hong Kong, Amsterdam, Sydney, dan Moscow. Kami sangat senang dan terhormat akan reaksi penonton yang luar biasa besar dan antusias terhadap kisah penting tentang pengorbanan para pahlawan demi persatuan, toleransi beragama, dan kemerdekaan,” terang Hashim.


Berdasarkan hal itu, PT MDI berencana merilis sekuel film Merah Putih, yaitu Darah Garuda yang rencananya akan dirilis di bioskop mulai 8 September mendatang. “Untuk merayakan liburan Idul Fitri. Waktu di mana seluruh keluarga di seantero Indonesia berkumpul untuk merayakan hari yang bahagia,” katanya.


Film ini menceritakan sebuah kelompok heroik para kadet yang menjadi tentara gerilya pada tahun 1947 yang dipotret dengan brilian oleh aktor-aktor berbakat papan atas Indonesia yang diperankan Donny Alamsyah, Rifnu Wikana, Lukman Sardi, dan Darius Sinathrya.


Terpecah oleh rahasia-rahasia mereka di masa lalu dan konflik yang tajam dalam hal kepribadian, kelas sosial dan agama, keempat lelaki muda bersatu untuk melancarkan sebuah serangan nekat terhadap kamp tawanan milik Belanda demi menyelamatkan para perempan yang mereka cintai, yang diperankan Rahayu saraswati, Astri Nurdin, dan Atiqah Hasiholan.


Para kadet ini terhubung dengan kantor pusat Jendral Sudirman, mereka diberi sebuah tugas sangat rahasia di belakang garis musuh di Jawa Barat: sebuah serangan gaya komando pada lapangan udara vital yang dapat membalikkan perlawanan para pemberontak melawan kezaliman yang telah dilakukan Jendral Van Mook, agustus 1947.


Film ini menjadi menarik karena film dalam format 35-milimeter berdurasi 100 menit ini, menampilkan adegan-adegan action memukau yang melibatkan ahli perfilman internasional terbaik dalam bidang efek khusus dan tata teknis lain yang berpengalaman di perfilman hollywood.


Seperti koordinator efek khusus Adam owarth (Saving Private Ryan, Blackhawk Down) dan ahli persenjataan John Bowring (The Matrix, The Thin Red Line, Australia, Wolverine), adalah para veteran di film Merah Putih. Dengan tim penyutradaraan baru Yadi Sugandi dan Conor Allyn, darah garuda dan film ketiga yang nanti akan muncul dari trilogi ini, Hati Merdeka, membawa ahli-ahli lain seperti nominator piala oscar untuk tata rias dan prostetik Conor o’Sullivan (The Dark Knight, Saving Private Ryan, Braveheart), koordinator laga Scott Mclean (The Matrix, The Pacific-sekuel terbaru dari steven spielberg/tom hanks Band Of Brothers), asisten sutradara Andy Howard (From Hell, Wanted, Hellboy) dan teknisi ahli efek khusus Graham Riddell (Robin Hood, Batman Begins, Star Wars I, Band Of Brothers, Kingdom Of Heaven).