Marwoto Bantah Luna Maya Dijemput Paksa

Pemberitaan terkait penahanan Luna Maya sampai saat ini masih simpang siur. Setelah sempat dikabarkan ditahan lantaran tidak berlaku kooperatif, nyata-nyatanya Luna hanya menjalani pemeriksaan di Mabes Polri. Luna juga sempat dibawa ke Polda siang tadi, namun kabar terakhir menyatakan bahwa Luna telah dibawa kembali ke Mabes.

"Sekarang sama si CT dia lagi diintensifkan untuk diperiksa lagi," jawab Kabibpenum Kombes Pol. Marwoto Soeto saat ditemui di ruang kerjanya di Mabes Polri, Kamis (15/07). Oleh karena pemeriksaan yang mulai intensif kembali ini, Luna wajib mendatangi Mabes untuk memenuhi panggilan penyidik.

Terkait dengan kabar bahwa Luna dijemput paksa, Marwoto menampik kabar simpang siur tersebut. "Dijemput sih enggak, kan dia ada pengacaranya. Kita tinggal ngomong ke pengacaranya. 'Pak OC silahkan tim sampeyan kemari. Kita akan melakukan pemeriksaan tambahan dan sebagainya,’". Sang Kombespol menambahkan bahwa polisi punya hak untuk mengamankan selama 1x24 jam.

Alasan 'pengamanan' Luna di Bareskim ini, dinyatakan Marwoto, karena para penyidik menginginkan pemeriksaan lebih lanjut kepada Luna demi tertangkapnya para pengunduh yang masih berkeliaran. "Karena kejahatan pengunduh ini berbeda dengan tersangka kejahatan konvensional. Jadi kita minta tolong ke Kejaksaan terus minta penetapan ke Ketua Pengadilan Negeri," pungkasnya.