Kang Ibing Ingin Bangun Ponpes di Cimalaka

KWARTETWO.COM: BANDUNG - Kang Ibing semasa hidupnya bercita-cita ingin mendirikan sebuah pondok pesantren sebagai sarana dirinya untuk berdakwah.



"Bapak pernah bilang ingin mendirikan pesantren di Cimalaka, Sumedang. Selain itu bapak juga ingin melihat anak-anaknya berhasil," kata anak pertama almarhum, Dikdik Kusmadi (32), di Bandung, Kamis (19/8/2010) malam.



Ia mengatakan, selama ini ayahnya memang mengidap penyakit jantung, namun tidak pernah mengeluh.  "Kalaupun sakit tidak pernah mengeluh, bapak tetap melakukan aktivitasnya terutama berdakwah," kata Dikdik.



Raden Aang Kusmayatna Kusumadinata atau Kang Ibing lahir pada 20 juni 1946. Kang Ibing meninggal pada Kamis sekitar pukul 20.45 WIB.



Almarhum meninggalkan satu orang istri, Nike Wahyu Ningsih dan tiga anak, Dikdik Kusmadi, Mega Kusmanada, dan Diane Fatmawati.



Seniman sunda yang juga pelawak ini meninggal dunia di Rumah Sakit Al Islam Bandung. "Benar, pukul 20.45 tadi Kang Ibing meninggal dunia di UGD Rumah Sakit Al Islam," kata operator Rumah Sakit Al Islam Abu Agna.