Qory Sandioriva Dikritik Tak Mahir Bahasa Inggris

KWARTETWO.COM: Jakarta Bahasa Inggris Putri Indonesia yang mengikuti kontes Miss Universe kembali menjadi sorotan. Bila dulu Nadine Chandrawinata, kini bahasa Inggris Putri Indonesia 2009

Qory Sandioriva yang kena kritik.



Qory telah menjalani proses wawancara di kontes kecantikan Miss Universe 2010. Sesi wawancara tersebut pun telah di-upload ke Youtube. Namun banyak pihak yang mengkritik penampilan Putri Indonesia 2009 itu yang dianggap tidak mahir berbahasa Inggris.



Dalam video yang berdurasi 3.46 menit itu, Qory diajukan beberapa pertanyaan ringan seputar dirinya. Dara berusia 19 tahun itu pun berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya dalam bahasa Inggris.



Meski dengan sedikit terbata-bata, mahasiswi Sastra Prancis Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia (UI) itu berhasil menjawab semua pertanyaan yang ditujukan kepadanya. Namun kata-kata berbahasa Inggris yang keluar dari mulut Qory tersebut dikritik oleh sebagian orang yang melihat video wawancara itu.



Dalam komentar di Youtube, sebagian yang mengkritik berujar kalau gadis berdarah Aceh itu menggunakan bahasa Inggris yang sulit dimengerti. Bahkan ada pihak yang menyarankan Qory untuk menjawab dengan berbahasa Indonesia saja.



"up down up down...ru talking about cock getting hard? LOL....u sounds very stupid miss indonesia... .....theres no point in trying to talk in english when no ones understand what ur talking about..... just talk in ur own mother tongue at and just be confident.... u look very VERY stupid in this interview...," begitu tulis salah satu pengguna Youtube pada Selasa (17/8/2010).



Meski menuai kritik, ada juga pihak yang mendukung Qory sepenuhnya. Sang pendukung menyebutkan kalau Qory berhasil masuk peringkat beauty talk (berbicara dan menjawab pertanyaan dengan kharismatik) dalam sesi wawancara tersebut.



"its ok walau disini agak belibet, tetapi miss indonesia masuk peringkat beautytalk ( Berbicara dan menjawab pertanyaan dengan karismatik )horeeeeeee , hahhahahaha kasian deh yang pada mencela hufffff, go qory go indonesia, are u is the best, loe tau gak kalian miss USA yang pinter itu dia Gak masuk Beautytalk, asia yang masuk Indonesia sama Malaysia saja heheh," tulis pembela Qory.



Sebelumnya, Humas Yayasan Puteri Indonesia (YPI), Mega Angkasa mengatakan kalau Qory telah melakukan beberapa persiapan sebelum mengikuti kontes Miss Universe. Gadis yang juga Duta Harimau 2009 itu telah dibekali kelas internasional untuk public speaking, table manner, global issue, perawatan tubuh wajah, kelas make up dan hair do.



Mengenai kritikan untuk Qory yang dituding tidak mahir berbahasa Inggris, Mega mengaku belum mengetahuinya. "Nanti saya lihat dulu ya video dan komentarnya," jelasnya saat dihubungi detikhot melalui telepon Rabu (18/8/2010).



Sebelum Qory, Putri Indonesia 2005 Nadine Chandrawinata juga dikritik terkait kemahiran bahasa Inggris. Dalam sesi wawancara misalnya Nadine menyatakan Indonesia is a beautiful city.