Tisna Sanjaya: Kang Ibing Aktor Berkarakter

KWARTETWO.COM: BANDUNG, - Raden Aang Kusmayatna Kusumadinata alias Kang Ibing, pelawak kenamaan yang meninggal dunia dalam usia 64 tahun di Bandung pada Kamis (19/8/2010) kira-kira pukul 21.00 WIB, merupakan sosok yang tak tergantikan.

Perupa ternama dari Bandung Tisna Sanjaya mengatakan, Kang Ibing, yang juga main film, merupakan aktor berkarakter yang sulit dicari tandingannya. Tisna mengaku banyak sekali belajar dari kehidupan Kang Ibing, baik ia sebagai aktor maupun sebagai pendakwah.

Sementara itu, pihak Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, mengaku kehilangan sosok motivator bagi para seniman muda. Bagi universitas tersebut, Kang Ibing merupakan figur guru dan bapak yang langka dewasa ini. Humas universitas itu,  Weny Widyowati, mengatakan bahwa Kang Ibing sangat berjasa mengiringi eksistensi Daya Mahasiswa Sunda (Damas) Unpad. Karya dan aktivitasnya mengharumkan Damas dan Unpad. "Kami berharap setelah kepergiannya, karya dan semangat beliau terus membekas di hati dan tingkah laku generasi muda Sunda," ujar Weny.