Pengamat Telematika: Tanggal Pembuatan Video Sudah Ketemu

Jakarta, Kepala Bidang Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes (Pol) Marwoto Soeto, di Jakarta, Rabu (23/6), mengungkapkan bahwa hasil pemeriksaan Penyidik Mabes Polri memastikan pembuatan video porno yang diduga Ariel dibuat sekitar 2009 dan 2010. Alasan kuat yang dikemukakannya adalah adanya berita televisi yang menjadi latar adegan mesum itu yang menunjukkan kejadian pada 2009 dan 2010.

Menurut Abimanyu (seorang pengamat telematika), pernyataan polisi tersebut bisa jadi benar jika memang bisa dibuktikan waktu penayangan acara itu.

"Kalau yang dibilang beliau, lihat di TV, kalau memang dia mengetahui acara tayangan itu, kenapa Mabes tidak mau menyebut jam dan tanggal pembuatannya?" katanya sembari bertanya.

"Kalau data dari video yang di-download dari internet itu sudah tidak asli lagi karena akan berubah. Kalau saya mau menipu, gampang, saya masukin tanggalnya. Tinggal saya masukin data ke editing dan saya ubah satu detik aja, waktu pembuatannya sudah berubah," tambah Abimanyu.

Namun, Abimanyu pun kembali menegaskan jika memang video tersebut bisa benar-benar diketahui waktu dan tanggal pembuatannya melalui tayangan televisi itu.

"Ya, waktu dan tanggal pembuatannya sudah ketahuan," cetusnya