Haruskah Musik Dangdut Punah?



Kwartetwo.com: Maraknya sikap tidak simpatik yang ditunjukkan kalangan tertentu dan ramai dipublikasikan media massa atas penampilan para penyanyi dangdut di pentas-pentas musik dangdut, membuat masyarakat kesulitan untuk mendapatkan hiburan musik dangdut.

Hadirnya kritik pedas dengan memanfaatkan issue moral, membuat banyak media elektronik secara tidak langsung atau secara langsung, mulai membatasi tampilan acara musik dangdut atau melakukan seleksi ketat atas artis-artis dangdut yang akan mengisi acara.



Sedangkan pada sisi lain, adanya kritik pedas dari sejumlah institusi atau tokoh-tokoh masyarakat, membuat banyak pihak yang ingin menghadirkan pentas dangdut, membatalkan niat tersebut karena mereka takut mendapatkan kecaman atau pencekalan, yang bisa menimbulkan kerugian di pihak panitia penyelenggaranya.



Padahal, oleh karena kritik pedas tersebut, sudah cukup banyak penyanyi dangdut yang akhirnya lebih memilih untuk pentas secara off-air di daerah-daerah, khususnya di daerah-daerah yang para pemimpin daerahnya belum menerapkan pencekalan dengan dalil akidah moral untuk mencekal penampilan penyanyi-penyanyi dangdut di pentas musik dangdut yang dilakukan di daerah.



Kemunculan banyak "polisi moral" yang bertindak atau membuat pernyataan dengan membawa-bawa akidah moral, telah mengurangi ruang gerak para penyanyi dangdut untuk tampil dan menunjukkan eksistensinya di dunia panggung musik dangdut, serta tampil secara on-air di acara-acara musik di televisi.



Wajar rasanya kalau "kekosongan" penampilan penyanyi dangdut yang muncul dalam pentas musik dangdut on-air, kemudian menjadi penilaian bahwa telah terjadi fenomena tenggelamnya musik dangdut dalam kancah industri musik di Indonesia.
Dari hasil wawancara kepada seorang Penyayi Dangdut yang sempat ditemui Kwartetwo mengatakan:" Musik dangdut harus dipertahankan, sekarang udah banyak kok penyanyi pendatang baru, bahkan dari usia SD sampai dewasa pun banyak yang mau  jadi penyanyi dangdut". Ujar Rhani kepada Kwartetwo (22/07/2010). 
Jadi rasanya Musik Dangdut Memang harus dipertahankan di kancah Musik Dunia.
Harus diakui, pentas musik dangdut di Indonesia pada saat ini sedang kebanjiran band-band dan penyanyi baru, dimana lagu-lagu yang mereka bawakan, dapat diterima telinga masyarakat pencinta atau pendengar musik dangdut di Indonesia bahkan dunia Internasional. ( Alan Maulana)