Roy Suryo: Video Mobil Polisi Telah di Edit

Kwartetwo.com: Jakarta: Video mobil patroli polisi yang menabrak mahasiswa demonstran dan kini beredar di Internet, menurut analisis Roy Suryo, telah disunting sedemikian rupa. Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat ini menyatakan kejadian yang terekam pada 24 Juni 2008 itu memang benar ada. Namun, video yang tersebar saat ini sudah diedit ulang dan tidak sepenuhnya menggambarkan peristiwa yang sebenarnya.

Di video digambarkan sebuah mobil patroli polisi bernomor kode 3024 milik Polres Jakarta Barat menabrak seorang mahasiswa secara brutal sampai terpental beberapa meter. Belakangan diketahui, nama mahasiswa itu adalah Apr asal Jambi. Sudah beberapa hari ini video itu tersebar luas di Facebook, Twitter, Youtube, dan BlackBerry Messenger. 



Ditambahkan Roy, gambar di video yang kini beredar berasal dari dua kamera dari sudut berbeda. "Cuma diedit lagi. Sekarang ini kayak dibikin film," kata Roy Suryo, kepada VIVAnews.



Menurut Roy, proses penyuntingan juga telah menghilangkan adegan awal ketika sang mahasiswa akan melemparkan sesuatu ke arah mobil patroli polisi sebelum kemudian menabraknya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Pol. Boy Rafli Amar membenarkan kesahihan video itu. “Kejadiannya sudah berlangsung pada 2008 lalu,” kata Boy. Ia menerangkan insiden itu terjadi saat terjadi aksi demonstrasi mahasiswa menentang kenaikan BBM. Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Sementara itu, Mabes Polri menyatakan akan memburu orang yang menyebarkan video itu, yang dianggap upaya untuk menyudutkan kepolisian. 



"Ini bisa meresahkan masyarakat. Kami mau cari siapa sebenarnya yang menyebarkannya," kata Kepala Bidang Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Marwoto Soeto.














Mobil Polisi Tabrak Warga Karena Dihadang