Tina Talisa Jalani Puasa di Rusia

KWARTETWO.COM: Bulan Ramadhan tahun ini bakal menyenangkan bagi presenter Tina Talisa. Pasalnya, ia bakal berangkat Rusia untuk memenuhi undangan Dubes RI untuk Rusia, Hamid Awaluddin, sekaligus untuk meliput suasana Ramadhan di pecahan negara Uni Sovyet tersebut.

"Di St. Petersburg, di tempat saya liput nanti saya bakal lihat white night, karena matahari hanya beberapa jam. Pas tarawih kalo kita biasanya jam 8, ini mereka bisa jadi jam 11-an ke atas. Ini undangan dari dubes RI untuk Rusia, Hamid Awaluddin. Ternyata di sana juga banyak orang atau mahasiswa Indonesia dan kehidupan Islam juga menarik. Ada kota Kazan, kota pusat muslim. Jadi memang liputan kehidupan di Rusia dan kehidupan orang Indonesia di Rusia," papar Tina saat ditemui di acara preskon Achmad Bakrie Awards 2010 di Wisma Proklamasi, beberapa waktu lalu.

Soal rencana keberangkatan ke Rusia, Tina mengaku tak tahu pasti tanggalnya. Namun ia memastikan bahwa sebelum Ramadhan tiba, ia beserta tim liputan dari TV One akan berada di sana.

"Masih diatur jadwalnya. Rencananya, dua atau sehari sebelum Ramadhan sudah di sana, karena bisa lihat tarawih di sana. Saya banyak riset soal Rusia. Di Rusia juga banyak peninggalan Islam, di sana banyak yang menarik. Bagaimana mereka puasa di summer," paparnya.

Mengingat bahwa saat Ramadhan nanti juga ada peristiwa penting, yakni ultah Republik Indonesia, apakah ia juga akan merayakan dan meliput acara peringatannya di sana?

"Jadi rencananya 17 Agustus akan meliput HUT RI di Rusia. Bagaimana cara mereka memperingati hari kemerdekaan di KBRI dan bedanya, ini bulan Ramadhan kan. Nah, jadinya bagaimana mereka melewati bulan Ramadhan, merayakan HUT RI, di negeri yang jauh," tandasnya.