Film Indonesia Siap Bersaing di Academy Awards

KWARTETWO.COM :Jakarta - Indonesia akan mengirimkan film 'Alangkah Lucunya Negeri Ini' (ALNI) untuk ikut serta di ajang Academy Awards. Film karya Deddy Mizwar tersebut dipilih karena dianggap paling mewakili Indonesia.



Setiap tahunnya, Academy Awards meminta setiap negara mengirimkan satu film untuk diikutsertakan dalam kategori Foreign Language di ajang tersebut. Proses pemilihan film Indonesia yang diikutsertakan di ajang Academy Awards dilakukan oleh komite Festival Film Indonesia (FFI).



Meski filmnya diikutsertakan ke ajang bergengsi tingkat dunia, namun Deddy Mizwar tidak terlalu berbangga hati. Aktor yang juga berprofesi sebagai sutradara itu merasa bersyukur, film nasional bisa ikut berpartisipasi di Academy Awards.



"Minimal, kehadiran film Indonesia diketahui. Masalah menang atau tidak, lain hal," kata Deddy saat ditemui usai jumpa pers FFI 2010 di Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (28/9/2010) malam.



Film 'Alangkah Lucunya Negeri Ini' menceritakan tentang kehidupan para pencopet. Film yang dibintangi oleh Slamet Rahardjo, Jaja Mihardja, Tio Pakusadewo, Reza Rahadian dan beberapa anak-anak mantan pencopet itu memotret realita sosial yang terjadi di masyarakat.