Juliette Binoche Hina Depardieu Punya Masalah Jiwa

KWARTETWO.COM Jakarta Juliette Binoche dikenal sebagai aktris pemenang Oscar dan aktris terbaik Cannes 2010. Namun entah mengapa aktor Gerard Depardieu menyepelekan kemampuan akting Binoche. Aktor senior Prancis itu menyebut Binoche nothing alias bukan siapa-siapa. Kini Binoche balas menghina Gerard. Ada apa dengan dua bintang film papan atas Prancis ini?



Depardieu, dalam sebuah wawancara dengan majalah Austria, minggu lalu, membuat pernyataan yang merendahkan Binoche.  "Tolong jelaskan pada saya apa rahasia aktris ini sehingga dia begitu bernilai? Aku sangat ingin tahu mengapa dia begitu banyak diperhitungkan selama bertahun-tahun ini?" kata aktor legendaris Prancis itu.



Bagi Depardieu, akting Binoche kalah jauh bila dibandingkan aktris Prancis lainnya seperti Isabelle Adjani dan Fanny Ardant. Bintang 'The Man in the Iron Mask' itu menyebut akting Isabelle Adjani sangat hebat. Sementara Fanny Ardant sangat mempesona dan mengesankan.



"Dia (Binoche) tidak punya (kemampuan akting) apa-apa. Absolutely nothing," kata Depardieu.



Binoche yang diminta tanggapan soal serangan Depardieu tidak kalah sengit memberikan balasan. Dalam serangkaian wawancara sebelum rilis film 'Certified Copy' yang membawanya sebagai aktris terbaik Cannes, Binoche menyatakan Depardieu tengah menderita masalah kejiwaan. "Aku tidak tahu dia dan aku tidak tahu apa yang telah aku lakukan padanya," kata Binoche.



Aktris yang mendapat Oscar lewat film 'The English Patient' pada tahun 1997 itu mengatakan bisa memahami tidak semua orang bisa menyukai orang lain ataupun menyukai karyanya. Tapi Binoche tidak bisa paham mengapa harus melakukan kekerasan lewat kata-kata kalau tidak menyukai seseorang.



"Aku tidak mengerti dengan kekerasan (kata-kata) yang dia lakukan. Aku pikir ada sesuatu yang harus dilakukan dengan dirinya sendiri. Mungkin ada sesuatu yang salah," kata Binoche seperti dilansir independen, Jumat (3/9/2010).



Dalam sebuah wawancara lain dengan majalah Empire, Binoche mengaku ia tidak sakit hati dengan komentar Depardieu tersebut. Aktris berusia 43 tahun itu tidak mau mengomentari dugaan Depardieu mencemburui keberhasilan Binoche. Seperti diketahui Binoche memenangkan Oscar, sementara Depardieu tidak mendapatkan piala bergengsi itu.



Binoche lebih menduga sisi kejantanan Depardieu tersinggung gara-gara film  'Certified Copy'. Film yang disutradarai Abbas Kiarostami, sutradara kondang asal Iran mengisahkan affair dari sudut pandang perempuan. Film yang akan dirilis minggu ini di Inggris itu menceritakan seorang perempuan pemilik galeri Prancis di Italia yang memiliki affair yang aneh dengan seorang ahli sejarah seni Inggris. Dalam film ini si perempuan hanya diberi identitas sebagai 'she'.



"Film ini penuh pertanyaan dan tidak menyediakan jawaban. Aku tahu beberapa pria memiliki problem dengan film ini," ujarnya.



Binoche membuat pengakuan ia pernah makan malam dengan Depardieu beberapa tahun lalu. Saat itu aktor yang sering mendapatkan peran-peran macho itu menyalahkan Binoche mengapa selalu membuat film yang bagus.



"Saat itu aku tidak bisa menjawab pertanyaan itu sebab aku sungguh tidak mengerti apa maksud pernyataannya. Dan kemudian, setelah itu aku berpikir dan menyatakan apakah kamu mendukung film yang tidak bagus? Aku memprovokasinya tanpa menyadarinya," curhat Binoche.